Jumat, 26 November 2010

Kartun Menghukum Koruptor Versi G30S/PKI

Kartun Menghukum Koruptor Versi G30S/PKI

September 30, 2010 by titiw

Masih ingat postingan saya di SINI mengenai komik “Cara Menghukum Koruptor”? Di tanggal 30 September ini, ide saya ternyata telah dikomikkan oleh dik Eko Bimantara.
Gak ada stuntman? Nyawanya banyak ya..
Sekedar share sedikit mengenai sejarah korupsi di jaman itu yang diambil dari Wikipedia:
Nasionalisasi perusahaan-perusahaan Belanda dan asing di Indonesia tahun 1958 dipandang sebagai titik awal berkembangnya korupsi di Indonesia. Upaya Jenderal AH Nasution mencegah kekacauan dengan menempatkan perusahaan-perusahaan hasil nasionalisasi di bawah Penguasa Darurat Militer justru melahirkan korupsi di tubuh TNI.
Kolonel Soeharto, panglima Diponegoro saat itu, yang diduga terlibat dalam kasus korupsi gula, diperiksa oleh Mayjen Suprapto, S Parman, MT Haryono, dan Sutoyo dari Markas Besar Angkatan Darat. Sebagai hasilnya, jabatan panglima Diponegoro diganti oleh Letkol Pranoto, Kepala Staffnya. Proses hukum Suharto saat itu dihentikan oleh Mayjen Gatot Subroto, yang kemudian mengirim Suharto ke Seskoad di Bandung. Kasus ini membuat DI Panjaitan menolak pencalonan Suharto menjadi ketua Senat Seskoad.
Gemana? Punya ide sendiri untuk menghukum koruptor? Buruan kirim ide kamu di SINI dan nantikan buku kumpulan “Cara Menghukum Koruptor” di toko buku kesayangan Anda. Ganyang koruptor!

1 komentar: